Kamis, 05 Januari 2012

Lapangan Futsal




Lapangan futsal berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut :
Umum
Panjang  : Minimal 25 m, maksimal 42 m
Lebar     : minimal 15 m, maksimal 25 m

Standart Internasional
Panjang  : minimal 38 m, maksimal 42 m
Lebar     : minimal 18 m, maksimal 25 m



Permukaan lapangan futsal
Permukaan lapangan futsal harus mulus dan rata serta tidak kasar atau kesat. Penggunaan bahan dari kayu atau bahan buatan lainnya adalah sangat dianjurkan. Beton atau bata harus dihindarkan. Semua garis ,e,iliki lebar 8 cm. lapangan futsal dibagi menjadi dua bagian yang dibelah oleh garis tengah lapangan. Tanda/titik tengah ditandai dengan sebuah titik di tengah tengah garis tengah lapangan. Titik tengah dikelilingi oleh garis 
tengah dengan radius 3 meter. 

Penalty area
Penalty area berbentuk seperempat lingkaran dengan radius 6 meter yang digambarkan berada di tengah tengah pada garis gawang. Bagian atas dari masing masing seperempat lingkaran dihubungkan oleh garis sepanjang 3.16 meter yang membentang sejajar garis gawang.
1.      Titik penalty
Pada lapangan futsal memilki 2 titik penalty yaitu dengan ukuran :
Titik penalty pertama berjarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertical dan jarak nya sama diantara kedua tiang tersebut.
Titik penalty kedua berjarak 10 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertical dan jarak nya sama diantara kedua tiang tersebut.

2.      Gawang
Ditempatkan tengah tengah diantara garis gawang. Gawang terdiri dari :
·         Dua buah tiang sejajar  vertical dengan jarak yang sama dari setiap sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan sisi horizontal.
·         Jarak kedua tiang vertical adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.
·         Tiang vertical maupun tiang horizontal memiliki lebar dan kedalaman 8 cm.
·         Jarring, terbuat dari tali rami, goni, atau nilon dipautkan pada kedua tiang vertical dan tiang horizontal pada sisi belakang gawang.
·         Bagian bawah didukung oleh batangan melengkung ataupun bentik lainnya untuk memberikan tahanan yang cukup.
·         Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung kearah sisi luar lapangan, minimal 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah (permukaan lapangan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar