Kamis, 05 Januari 2012

Melongok Kehidupan Suku Sasak di Lombok



Berwisata ke Lombok, Nusa Tenggara Barat terasa kurang lengkap kalau tidak melihat langsung kehidupan suku aslinya yaitu Sasak. Di Dusun Sande, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah,  anda bisa menemukan perkampungan suku Sasak yang masih kental budaya aslinya.
Untuk menuju kesana, anda bisa menggunakan angkutan umum jurusan Mataram Praya dari kota Mataram. Angkutan umum tersebut langsung melewati Dusun Sade, dengan jarak yang di tempuh kira kira 20 km dan tarifnya sekitar rp 6000
Untuk masuk ke Dusun Sade, anda tidak dikenal tarif baku.  Anda hanya diharuskan untuk mengisi buku tamu dan memasukan uang sukarela di kotak yang telah disediakan. Anda bisa menggunakan jasa guide untuk berkeliling dusun tersebut.
Di Dusun Sade, anda bisa melihat perempuan – perempuan suku Sasak yang sedang menenun di depan rumah. Anda dapat bertanya sekaligus mengetahui cara membuat kain –kain tenun yang masih sangat tradisional. Bahkan anda bisa ikut mencoba menenun.



Rumah rumah yang ada di Dusun Sade juga masih sangat tradisional. Rumah –rumah mereka terbuat dari kayu, bamboo, dan beratap jerami. Keistimewaan dari rumah ini adalah cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan kotoran kerbau.



Semua eksotisme tradisional suku Sasak itu bisa dengan bebas anda abadikan. Bagi para penggemar fotografi, kehidupan suku Sasak bisa dijadikan suatu objek menarik untuk di foto. Setelah lelah mengelilingi kompleks Dusun Sade, anda bisa membeli oleh oleh untuk keluarga atau teman-teman anda. Anda suku Sasak sade menjual berbagai macam souvenir buatan mereka, mulai dari kalung, gantungan kunci, sampai kain tenunan. Harga yang ditawarkan bervariasi tentunya terjangkau kocek anda. 



sumber : mediaindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar